Minggu, 09 Oktober 2011

CARA BELAJAR BIOLOGI

 CARA BELAJAR BIOLOGI
Oleh. Muhammad Ali Efendi, S.Si, M.Si

Biologi merupakan ilmu dasar dari semua ilmu yang ada. Untuk mempelajari biologi, maka yang harus dilakukan diantaranya adalah:
A. Peka terhadap fenomena lingkungan
     Pada dasarnya yang dipelajari di dalam biologi adalah segala sesuatu yang ada pada diri kita dan sekitar kita. Diri kita dan segala sesuatu yang ada disekitar kita (lingkungan) merupakan sumber dari ilmu biologi. Kita harus peka terhadap fenomena lingkungan yang terjadi dan harus memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Kenapa muncul jerawat? Bagaimana kok bisa ada semangka tanpa biji? Kenapa kok ada variasi atau keanekaragaman pada makhluk hidup dan sebagainya.
B. Suka Membaca
     Setelah peka terhadap fenomena lingkungan, maka untuk sukses dalam mempelajari biologi dibutuhkan kesukaan membaca buku. Dengan membaca buku maka kita bisa memperluas pengetahuan dan kita bisa membuat suatu tali sambung antara fenomena lingkungan dengan teori yang sudah ada di buku.
C.Komunikasi dengan ahli
     Untuk mempertajam pengetahuan yang sudah kita peroleh, maka kita perlu untuk berkomunikasi dengan ahli. Misalnya dengan ahli virus, ahli penyakit, ahli tumbuhan dan sebagainya.
D. Perluas ilmu dengan internet
    Internet merupakan salah satu "buku terluas" yang bisa kita akses tanpa ada batas waktu dan ruang. kuasai ilmu dengan meningkatkan kemampuan dalam mengakses internet. Selain itu dengan internet kita bisa berkorespondensi dengan ahli biologi yang tidak terbatas. Sehingga pengetahuan kita semakin luas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar